Tim Kabupaten Klungkung Lakukan Pembinaan dan Fasilitasi

Administrator Berita Desa

Jelang Pertanggungjawaban APBDes Suana T.A 2019, Tim Kabupaten Klungkung Lakukan Pembinaan dan Fasilitasi

SUANA - Sekretaris Desa mewakili Perbekel Desa Suana menerima Tim Pembinaan dan Fasilitasi APBDes Kabupaten Klungkung, Jumat (8/11/2019) di Ruang Kerjanya Kantor Perbekel Desa Suana. Pembinaan bertujuan mempercepat progres penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa dan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di tahun 2019 dan untuk lebih meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa didalam pengelolaan keuangan desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Sebelumnya Sekretaris Desa Suana I Made Sudra menyampaikan permaklumannya terhadap kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan APBDes yang ditemui nantinya. "Diakui dalam pengelolaan keuangan desa yang tertuang pada APBDes setiap tahunnya, kami di Desa Suana masih saja menemui beberapa kendala. Sehingga kegiatan pembinaan seperti ini sangat kami harapkan demi mendapatkan solusi serta perbaikan kinerja kami kedepannya, setidaknya menekan temuan-temuan yang terjadi", harap Pria 46th asal Br. Karangsari tersebut.

Harapan tersebut langsung mendapat respon dari Ketua Tim Kabupaten yang menegaskan bahwa kegiatan pembinaan dan fasilitasi APBDes dilakukan memang bukan untuk mencari kesalahan. "Jadi Tim disini bukan melaksanakan pemeriksaan terkait pelaksanaan kegiatan APBDes, namun lebih menekankan pada pembinaan bagaimana proses pengadaan barang/jasa baik dari persiapan hingga evaluasi serta bagaimana singkronisasi antara RPJMDes dengan RKP sampai dituangkan dalam APBDes serta bagaimana pengelolaan keuangannya. Sekalipun nanti masih ditemukan kekeliruan, kami dari Tim akan memfasilitasi carikan solusi bersama", terangnya.

Dari hasil penelusuran Tim saat pembinaan, secara keseluruhan Pemerintah Desa Suana telah melaksanakan APBDes sesuai prosedur. Namun Aparat Desa Suana belum melakukan pelaporan penggunaan Dana semesteran melalui Muswarah Desa, terpantau pelaporan dilakukan hanya sekali dalam setahun yaitu pada musyawarah pertanggungjawaban akhir tahun. Disarankan kegiatan pelaporan dilakukan setiap enam bulan sekali.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

STATISTIK COVID-19

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Perbekel Desa Suana Sekertaris Desa Kaur Keuangan Kaur TU dan Umum Kaur Perencanaan Kasi Pelayanan Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan KBD Celagilandan KBD Kelemahan KBD Karangsari KBD Semaya Staf Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini