Musdes Pertanggungjawaban APBDes Suana, Perbekel Sudarta Harapkan Sinergitas BPD Tetap Terjalin.

Administrator Berita Desa


SUANA - "Tujuan kami (red: Pemerintah Desa) mengundang bapak/ibu sebagai perwakilan masyarakat yaitu untuk bersama-sama ikutserta mengevaluasi terkait pelaksanaan APBDesa yang telah kami kelola. Tidak lupa pula kami ucapkan terimakasih sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada BPD atas atensinya terus bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa demi kesejahteraan masyarakat Desa Suana tercinta", Ujar Perbekel Sudarta saat membuka acara musyawarah pertanggungjawaban, Sabtu (18/1/2020) di Ruang SDN 1 Suana.

Umumnya Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (LPJ APBDesa) Perbekel disampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dilaksanakan paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Nusa Penida, I Made Nurta sangat mengapresiasi kehadiran peserta musdes karena telah diikuti hampir 50 orang terdiri dari unsur LPM, unsur PKK, perwakilan Karang Taruna, Bidan Desa, BPD, Pendamping Lokal Desa Suana, Bendesa Adat se-Desa suana dan Babinsa & Bhabinkamtibmas Desa Suana. "Dengan tingkat kehadiran peserta musdes dari berbagai lapisan masyarakat ini diharapkan mampu memberikan hasil evaluasi pertanggungjawaban yang lebih berkualitas. Kedatipun begitu, anggota BPD lah sejatinya lebih berperan yang nantinya akan menentukan apakah laporan pertanggungjawaban akhir tahun perbekel diterima secara keseluruhan atau diterima dengan catatan bisa juga ditolak", terangnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian Sekretaris Desa Suana, I Made Sudra terkait realisasi APBDesa Suana secara rinci, dimana jumlah pendapatan 2019 sebesar Rp. 3.960.099.938,45 dan Silpa 2018 sebesar Rp. 222.029.592,73 menjadikan total anggaran sebesar Rp. 4.182.129.531,18 dengan jumlah belanja sebesar Rp. 4.017.326.127,47 sehingga menyisakan silpa sebesar Rp. 162.622.290,97 di tahun 2019 menurun dari tahun sebelumnya.

Adapun beberapa sorotan LPJ Realisasi APBDesa Suana T.A 2019 secara keseluruhan dapat diterima BPD Suana. Dimana nantinya dituangkan kedalam Berita Acara musdes dan disahkan menjadi Peraturan Desa Suana yang pada lampirannya dimuat rincian realisasi APBDesa baik format laporan manual maupun laporan siskeudes.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

STATISTIK COVID-19

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Perbekel Desa Suana Sekertaris Desa Kaur Keuangan Kaur TU dan Umum Kaur Perencanaan Kasi Pelayanan Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan KBD Celagilandan KBD Kelemahan KBD Karangsari KBD Semaya Staf Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini