**SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUANA, KECAMATAN NUSA PENIDA, KABUPATEN KLUNGKUNG, PROVINSI BALI**

Artikel

Profil Wilayah Desa Suana

07 Agustus 2018 12:28:11  Administrator  474 Kali Dibaca 

Profil Wilayah Desa Suana

    Desa Suana Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali merupakan daerah pesisir dengan ketinggian 20 meter dari permukaan laut. Desa suana adalah desa pesisir yang mempunyai daerah-daerah budidaya rumput laut, pertanian dan perikanan. Desa Suana beriklim tropis, dengan curah hujan rata-rata 42 mm/tahun dan temperatur 24 derajat sampai 30 derajat celsius. Desa Suana terletak sekitar 9 km dari pusat kota kecamatan Nusa Penida. Desa Suana merupakan sebuah desa yang berlokasi di bagian Timur Pulau Nusa Penida. Wilayah Desa Suana sebagian berupa dataran rendah dan sebagian lagi berupa perbukitan dengan ketinggian 0 s.d 300 meter di atas permukaan laut.

Batas-batas wilayah Desa Suana adalah sebagai berikut:

  • Batas Sebelah Utara : Selat Lombok
  • Batas Sebelah Timur : Desa Pejukutan
  • Batas Sebelah Selatan: Desa Kutampi
  • Batas Sebelah Barat: Desa Batununggul

Luas Wilayah Desa Suana sekitar 12.397 ha, dengan jumlah penduduk 4573 jiwa, yang terdiri dari laki-laki 2302 jiwa dan perempuan 2271 jiwa. Desa Suana terdiri
dari 4 dusun/Banjar Dinas, yaitu: Dusun Karangsari, Dusun Celagilandan, Dusun Semaya, dan Dusun Kelemahan. Mata Pencaharian penduduk Desa Suana, antara lain:
(1) Sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan termasuk rumput laut sekitar 92,3%.

(2) Sektor lainnya, seperti: nelayan, pedagang, pegawai, buruh, pengerajin, dan pariwisata sekitar 7,7%. Desa Suana memiliki areal pertanian dan perkebunan lahan kering yang cukup luas yaitu 2.324 ha. Di samping itu, Desa Suana juga memiliki lahan rumput laut di sepanjang pantai sebelah timur dengan panjang sekitar 5 km. Pertanian dan perkebunan yang ada merupakan tanaman musiman, seperti: jagung, ketela pohon, kacang-kacangan dan pisang. Di samping potensi tersebut, Desa Suana juga memiliki Pura Goa Giri Putri sebagai Pusat Persembahyangan Umat Hindu yang telah terkenal, sehingga setiap hari tidak pernah sepi dari pengunjung untuk tujuan sembahyang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


KEMENDES

Pengaduan Online

Pengaduan Online

Aparatur Desa

Arsip Artikel

Peta Desa Suana

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:233
    Kemarin:344
    Total Pengunjung:239.451
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.26.60
    Browser:Tidak ditemukan