**SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUANA, KECAMATAN NUSA PENIDA, KABUPATEN KLUNGKUNG, PROVINSI BALI**

Artikel

Kecamatan Nusa Penida Gelar Kegiatan SKSD

21 Oktober 2019 09:09:35  Administrator  328 Kali Dibaca  Berita Desa

SUANA - Safari Kecamatan Sambangi Desa disingkat SKSD, begitu sebutan sebuah kegiatan inovatif yang digagas oleh Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra, SSTP., MAP. Kegiatan SKSD Kecamatan Nusa Penida merupakan turunan dari kegiatan temu wirasa/bedah desa yang dilakukan Bupati Klungkung sebagai salah satu cara dalam menyerap aspirasi masyarakat dan pemecahan masalah bersama terhadap suatu persoalan yang ada di Desa.

Menurut Camat asal Nusa Lembongan ini, kegiatan safari dilakukan sebagai bentuk perkenalan awal untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara pihak kecamatan dengan pihak desa, disamping menggali informasi tentang program pembangunan dan kendala-kendala yang mungkin tengah dihadapi masyarakat dilingkup desa. Seperti kegiatan yang dilakukannya, Jumat (6/9) Pagi tadi di Kantor Perbekel Desa Suana yang dihadiri Kanit Bimtas Polsek NP Ngakan Putu Putra, Kasi Tata Pem Kecamatan NP I Wayan Sudarma, Kasubag Kepeg I Dw Gd Sudana Yuliasa, Bhabinkamtibmas Desa Suana I Gede Mahendra, Perangkat Desa Suana, BPD Suana, Klian Adat se-Desa Suana, serta Tokoh Masyarakat setempat.

"Ketika saya pertama dilantik ditugaskan menjadi Camat di Nusa Penida, salah satu ide saya ingin sedikit mengubah pola koordinasi dan pola komunikasi kita sehingga terlaksanalah kegiatan safari kecamatan sambangi desa. Seperti tujuannya sendiri, kami bersama beberapa Kasi dilingkungan Kecamatan Nusa Penida menyambangi Desa Suana bermaksud untuk membicarakan hal-hal yang mungkin menjadi aspirasi dan mungkin menyampaikan potensi yang dimiliki desa maupun usulan pembangunan prioritas yang akan kami jembatani sampaikan keatasan untuk dicarikan solusi terbaik", Papar Camat Nusa Penida yang baru bertugas selama 3 bulan 16 hari ini saat memberikan gambaran umum mengenai kegiatan SKSD yang digagasnya tersebut.

Camat Widyasa juga menyampaikan beberapa rancangan program kedepan yang akan dilakukan di Kecamatan Nusa Penida untuk lebih menyingkronkan progam tersebut yang sekiranya dapat diikuti di Desa Suana diantaranya: 1) Menata Taman Kota Kecamatan guna memberikan wadah refreshing, 2) Penataan Lapangan Kecamatan untuk memfasilitasi masyarakat dalam berolahraga dan berkesenian, 3) Penataan halaman Kantor Kecamatan Nusa Penida agar masyarakat dalam mengurus dokumen dapat menikmati suasana lebih nyaman, dan 4) Mengembangkan inovasi pelayanan administrasi yang bernama pelayanan dengan 'Pede dan Asik' yaitu Permohonan dari Desa dan Hasil Akhirnya Ambil di Kecamatan. Kesemua rancangan program tersebut, sudah tentu membutuhkan anggaran dan dukungan dari semua pihak terutamanya pihak atasan. "Untuk mewujudkan beberapa program inovasi itu, kami akan berusaha meminta biaya ke atasan dan dukungan dari semua pihak. Semoga kedepannya pelayanan birokrasi Kecamatan Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung pada umumnya dapat berjalan semakin efektif, efisien dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan", Harap pria pemilik nama akun facebook Komang WePe tersebut.

Perbekel Desa Suana I Putu Rai Sudarta, SE mengapresiasi kegiatan safari kecamatan yang digelar Camat Nusa Penida dalam melakukan kegiatan terjun langsung ke desa-desa untuk menyerap aspirasi yang membuat masyarakat lebih diperhatikan. "Melalui program safari yang dilakukan sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi dua arah antara masyarakat kami dengan pihak Kecamatan. Selain masyarakat secara lebih leluasa memberikan aspirasinya, setidaknya kami pihak aparat desa juga mengetahui program yang sekiranya dapat kami singkronkan bahkan kami tiru demi memberikan pelayanan yang lebih baik", Ucap Perbekel wakili suara masyarakat Desa Suana.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 KEMENDES

 Pengaduan Online

Pengaduan Online

 Aparatur Desa

 Arsip Artikel

 Peta Desa Suana

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:182
    Kemarin:317
    Total Pengunjung:269.468
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan